Jumat, 22 Juni 2018

cara menggunakan Docker UI Untuk Linux

karena docker saat ini sedang anget anget nya, tidak sedikit masyarakat it saat ini penasaran dengan docker, karena docker mengimingkan sebuah kenerja kecepatan yang lebih tinggi dari pada vm konvensional saat ini, karena hype seperti itu lah jadinya banyak orang yang nyoba, cuma sayang nya docker ini secara default base nya cli alias berbasis text nya saja, sontak mungkin bagi para pemula akan sedikit bingung menggunakan nya, nah tetapi untuk menjadikan docker menjadi docker yang mempuyai tampilan tidak lah sebuah mitos, banyak alat pihak ketiga yang menyediakan nya contoh nya yang paling simpel dan mempunyai fitur standar yaitu bernama Docker UI



Nah secara fitur docker Ui ini simpel, tetapi tidak memiliki fitur2 kelas atas, tetapi saya rasa cukup untuk mengobati penasaran anda tentang cara menjadikan sebuah docker cli menjadi basis gui, vitur yang minim tersebut dapat anda manfaatkan, Docker Ui ini saya coba pada linux, kenapa enggak di windows? karena di windows ini sudah ada manager docker gui nya yaitu bernama kitematik tampilan nya sudah bagus dan smooth (saya rasa) 

Ya mungkin sudah bosan dengan kata 2 saya di atas, nah kita masuk ke tahap sederhana masang docker ui pada docker (testing Ubuntu 16.04 lts)

1. Tahap Pertama jalan perintah multi fungsi tersebut saya katakan seperti tersebut karna satu perintah tersebut mengandung beberapa perintah yang lain nya. 
Ketikan perintah tersebut : 

docker run -d -p 9000:9000 --privileged -v /var/run/docker.sock:/var/run/docker.sock uifd/ui-for-docker
saya akan jelaskan maksud perintah tersebut satu persatu sesuai pengetahuan saya.

docker run -d : perintah ini digunakan supaya docker.sock dan uifd/ui-for-docker ini runing otomatis setelah images tersebut terdownload.

-p 9000:9000 : port tersebut lah yang nanti nya digunakan untuk mengakses docker kita lewat gui

uifd/ui-for-docker: itu adalah jenis image yang ingin kita unduh nantinya. 
2. Setelah itu kita cek dengan perintah docker ps, perhatikan nama image tadi yang kita download tadi apakah sudah berjalan ? karena kalo menurut perintah image tersebut akan berjalan otomatis ketika image sudah selesai terdownload.

3. Nah sekarang kita akses docker kita dengan docker ui, karena menggunakan port 9000 sebagai media nya, kita ketikan contoh 192.0.0.0:9000 = maksud nya tuliskan alamat ip anda dan tuliskan port nya, contoh bila berhasil docker anda akan bisa di akses dengan docker ui pada browser yang anda miliki.
ya sampai di situ saja tutorial kali, semoga bermanfaat.
Terimakasih. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon