Rabu, 05 September 2018

INSTALASI FreeNAS

Berikut ini saya akan memposting bagaimana caranya menginstall freenas, bagi anda yang mungkin ragu-ragu untuk nekat langsung nginstall freenas, anda bisa lihat di sini gambaran proses intalasi freenas,untuk penjelasan yang lain tidak saya sertakan karena di postingan sebelum nya saya sudah tulis disana Sekilas Tentang Freenas .

okeh dari pada kebanyakan basa basi kita langsung masuk pada tahap gambaran tahap-tahap instalasi pada freenas 9.3

1. Pertama kita Pilih nomor 1 untuk melakukan proses instalasi atau pun melakukan upgrade.

2. Pilih lah salah satu partisi, sebagai tempat/wadah instalasi  Freenas, Pilih Tombol ok Untuk melanjutkan.

3. Peringatan Kira2 Seperti ini, Semua/partisi dan juga data akan di hapus pada da0, kira kira seperti itu isi nya, bila anda ingin melanjutkana ke tahap berikut anda bisa memilih opsi yes.

4. Buat Lah sebuah Pasword, password ini berfungsi sebagai pengaman dari freenas, pada saat meremote menggunakan sebuah browser, nanti kita akan diperintahkan memasukkan pasword yang sudah kita bikin ini. 

5. Proses Instalasi freenas sudah di mulai, biasanya waktu yang diperlukan untuk menginstall freenas ini relatif sebentar (sebentar/lamanya proses tergantung hardware yang anda gunakan dan juga setingan hardware pada vm). 

6. Setelah proses instalasi Selesai anda akan di perintahkan untuka menghidupkan ulang/restart, pilih ok untuk melanjutkanya.

7. Setelah di restart, nantinya akan masuk pada menu standart berikut, anda bisa mengubah ip address,dns,gatewaty, melakukan backup dan juga yang lain nya, untuk meremote/mengakses freenas menggunakan sebuah browser, anda bisa akses dengan cara http://(ip yang di gunakan)

8. Buka Browser pada client, akses http://192.168.80.167 (sesuaikan IP address nya), setelah itu tunggu sejenak sampai muncul form login.
9. Untuk Login Pertama kali anda bisa menggunakan akun root dan juga password yang sudah anda buat sebelum nya.

10. Jreng ini lah Sekilas Tampilan Bahwa anda sudah berhasil mengakses free nas menggunakan sebuah browser

sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon